Kamis, 17 Januari 2013

RPP SMA KELAS 2 SEMESTER 1 SK-2 KD 3 ( SYUKRA ULHAQ)



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Nama Sekolah             : Sekolah Menengah Atas (SMA)
Mata Pelajaran            : Matematika
Kelas/ Semester           : XI IPA/ I
Materi Pokok              : Trigonometri
Alokasi Waktu            : 3 kali pertemuan (6 x 45 menit )

A. Standar Kompetensi
2. Menurunkan Rumus Trigonometri dan Penggunaannya

B.   Kompetensi Dasar
2.3  Menggunakan Rumus Jumlah dan Selisih Sinus dan Cosinus.

C. Indikator
             Pertemuan Pertama
1.      Merancang dan Membuktikan Identitas Trigonometri
Pertemuan Kedua dan Ketiga
1.      Menyelesaikan Masalah yang Melibatkan Rumus Jumlah dan Selisih dua Sudut.

D. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
1.      Siswa Mampu Merancang dan Membuktikan Identitas Trigonometri
PertemuanKedua dan Ketiga
1.      Siswa Mampu  Masalah yang Melibatkan Rumus Jumlah dan Selisih dua Sudut


E.   Karakter Siswa yang Diharapkan:
1.   Berfikir kritis
2.   Cermat
3.   Teliti
4.   Mandiri
5.   Kerja keras dan rasa ingin tahu.

F.  Materi Ajar
Pertemuan Pertama
Identitas adalah suatu persamaan yang selalu benar untuk konstanta yang mana pun juga. Cara membuktikan identitas trigonometri dapat menggunakan;
a.       Rumus sinus dan cosinus jumlah dan selisih dua sudut.
b.      Rumus perkalian sinus dan cosinus dalam jumlah atau selisih sinus atau cosinus.
c.       Rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut dalam pemecahan masalah.
Langkah-langkah yang bisa digunakan untuk membuktikan suatu identitas atau persamaan tigonometri adalah
Kerjakan salah satu ruas
Pilih dan kerjakan ruas yang bentuknya kompleks (tidak sederhana)
Pergunakan operasi aljabar yang sesuaiSamakan hasilnya dengan ruas yang lain.
Contoh:
1)      Sederhanakan     !
Solusi:  
 
2)      Buktikan bahwa 4 sin2x  cos 2x cos x = sin 5x + sin 3x!
Solusi:
Ruas kiri = 4 sin 2x cos 2x cos x
= 2 (2 sin2x cos 2x) cos x
= 2 sin 4x cos x
=sin (4x + x) + sin (4x – x )
=sin 5x + sin 3x

Pertemuan kedua dan Ketiga
Rumus trigonometri bisa digunakan dalam penyelesaian masalah yang berkaitan dengan kehidupan sehari – hari. Caranya adalah dengan mengubah bentuk soal atau permasalahan ke dalam rumus fungsi trigonometri yang sesuai. Kemudian rumus tersebut diselesaikan sesuai dengan perintah soal.
Contoh:
Gelombang stasioner dihasilkan oleh perpaduan ( interferensi ) antara dua gelombang berjalan. Gelombang tersebut memiliki amplitudo dan frekuensi sama, tetapi arah perambatannya berlawanan.
            Tunjukkanlah bahwa gelombang berjalan  menghasilkan  gelomdang stasioner dengan persamaanTunjukkanlah bahwa gelombang berjalan   menghasilkan  gelomdang stasioner dengan persamaan  .
Jawab:
    
 =
=  =  Sehingga y =


G.  Metode Pembelajaran
1.         Metode Ekspositori
2.         Metode Tanya Jawab
3.         Pemberian Tugas

H. Langkah – Langkah Kegiatan Pembelajaran
KEGIATAN
Waktu
Guru
Siswa
Kegiatan Awal
·      Mengucap salam (religius)
·      Membimbing siswa membaca doa (religius)
·      Mengabsen kehadiran siswa (disiplin)
a.       Apersepsi
·      Siswa diingatkan kembali tentang hal-hal dalam kehidupan yang terkait dengan konsep sederhana Trigonometri (rasa ingin tahu, kreatif)

b. Tujuan
·   Menyampaikan tujuan pembelajaran (komunikatif)


c.  Motivasi
·   Guru menginformasikan pentingnya mempelajari peluang dan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.(rasa ingin tahu)

·   Menjawab salam (religius)
·   Membaca doa (religius)



·   Siswa menanggapi pertanyaan dari guru (rasa ingin tahu, kreatif)





·   Siswa mendengarkan dengan baik tujuan pembelajaran tersebut (rasa ingin tahu)


·   Siwsa mendengarkan motivasi dari guru (rasa ingin tahu)






30 menit

Kegiatan Inti
Eksplorasi
·    guru menyajikan tentang cara menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus kreatif, rasa ingin tahu)

Elaborasi
·    Guru memberikan latihan soal mengenai penggunaan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosinus. (komunikatif)
·    Guru berkeliling memberikan bantuan kepada siswa yang mengalami kesulitan (komunikatif)
·    Guru menyuruh siswa untuk menyajikan ke depan kelas (tanggung jawab)
·    guru meminta siswa lain menanggapi hasil pengerjaan soal siswa yang tampil (kreatif, tanggung jawab)





Konfirmasi
·    guru menambahkan kekurangan atau memperbaiki kesalahan dari jawaban siswa (komunikatif, rasa ingin tahu)
memberikan penguatan mengenai konsep materi yang diajarkan (komunikatif, tanggung jawab)


·    Siswa memperhatikan dan mendengarkan penjelasan guru (menghormati, kreatif, kesopanan, rasa ingin tahu)


·    Siswa mengerjakan latihan soal yang diberikan guru (rasa ingin tahu, mandiri, kerja keras, tanggung jawab, kreatif)
·    Siswa bersama guru membahas jawaban dari latihan tersebut (rasa ingin tahu, kerja keras, kreatif)
·    Siswa menyajikan latihan ke depan kelas (tangung jawab)

·    Siswa lain memperhatikan temannya yang membuat di papan tulis dan kesempatan kepada siswa yang lain menanggapi atau bertanya kepada siswa yang tampil (kreatif, tanggung jawab)


·    siswa mendengarkan penjelasan dari guru (komunikatif, rasa ingin tahu)








210 menit
Kegiatan penutup
·    membimbing siswa menyimpulkan hasil pembelajaran (komunikatif, tanggung jawab)
·    memberikan PR
·    Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan selanjutnya, dan meminta siswa untuk mempelajarinya.
·    membimbing siswa membaca doa (religius)

·    bersama guru siswa menyimpulkan hasil pembelajaran (komunikatif, tanggung jawab, rasa ingin tahu)
·    mendengarkan informasi dari guru (rasa ingin tahu)


·    membaca doa (religius)


30menit



I.  Sumber Bahan Ajar
Matematika SMA dan MA Kelas XI Program IPA

J. Penilaian
a.       Jenis penilaian                         : Tes tertulis
b.      Bentuk instrumen                    : Tes uraian



Contoh instrument
No
SOAL
KUNCI
SKOR
1.
Jika A dan B masimg – masing adalah sudut – sudut dalam sebuah segitiga bukan siku – siku, buktikan bahwa:
Terbukti




30
2
Nyatakan bentuk 6x + sin 2x dalam bentuk perkalian
 + sin 2x =
 



30
3
Gelombang stasioner dihasilkan oleh perpaduan ( interferensi ) antara dua gelombang berjalan. Gelombang tersebut memiliki amplitudo dan frekuensi sama, tetapi arah perambatannya berlawanan.
Tentukan kedudukan x dimana simpangan gelombang stasioner selalu nol
Kedudukan x dengan simpangan y selalu nol dipenuhi oleh
 
Dengan




40

Skor Total
100

Pedoman Penilaian
Rata nilai = 


Bukittinggi, Januari 2013
Mengetahui Kepala Sekolah                                                              Guru Mata Pelajaran


(……………………….……)                                                              (..............................)
Nip: ………………………...                                                              Nip: ….……………
                               

1 komentar: