SILABUS PEMBELAJARAN
|
|||||||||
SATUAN PENDIDIKAN : SMA/MA KELAS/SEMESTER : XI/1 MATA PELAJARAN : MATEMATIKA |
|||||||||
STATISTIKA
|
|||||||||
Standar Kompetensi 1 : Menggunakan Aturan Statistika, kaidah pencacahan,
dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah
|
|||||||||
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
|||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
|||||||
1.1 membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran
dan ogive
|
STATISTIKA:
· diagram garis
· diagram batang
· diagram lingkaran
· ogive dan histogram
|
· mengamati dan mengidentifikasi
tentang data -data disekitar
sekolah
· mengidentifikasi data-data yang
dinyatakan dalam berbagai model
· mengelompokkan berbagai macam
diagram dan tabel
· menyimak konsep tentang penyajian data
|
· membaca sajian data dalam bentuk
diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang
· mengidentifikasi nilai suatu data
yang ditampilkan pada tabel dan diagram
|
tes tertulis
|
uraian
|
· Siswa SMA Negeri Jaya Selalu yang
lulus mulai tahun pelajaran 2000/2002 s.d tahun pelajaran 2006/2007
Analisalah diagram diatas!
· Berikut ini
adalah data ulangan nilai matematika dari 32 orang siswa:
30, 40, 80, 70, 78, 69,
45, 78, 35, 70, 80, 90,
68, 90, 90, 89, 65,
75,
85, 85, 45, 56, 75, 68,
70, 70, 80, 70, 45, 65,
75, 85.
Sajikanlah data tersebut ke dalam bentuk tabel
distribusi frekuensi berkelompok!
|
4 x 45
|
· Buku paket
· buku referensi lain
· internet
|
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||||||||||||||||||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh instrumen
|
||||||||||||||||||||||
1.2 menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis,
lingkaran dan ogive serta penafsirannya
|
statistika:
· diagram garis
· diagram batang
· diagram lingkaran
· ogive dan histogram
|
· melakukan latihan dalam berbagai penyajian
data
· menafsirkan data dari berbagai macam
bentuk
· mengambil kesimpulan dari dua atau lebih
kelompok data atau informasi yang sejenis
|
· menyajikan data dalam bentuk diagram batang,
garis, lingkaran dan ogive serta penafsirannya
· menafsirkan data dalam bentuk diagram
batang, garis, lingkaran dan ogive
|
tes tertulis
|
uraian
|
· Sebuah areal
parker akan di amati jumlah kendaraan yang parker dalam selang waktu
tertentu, data tersebut di sajikan dalam bentuk berikut :
· Daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari
dapat disajikan dalam bidang Cartesius. Tepi atas (67,5; 70,5; …; 82,5) atau
tepi bawah (64,5; 67,5; …; 79,5)
buatlah ogive kemudian tafsir data tersebut! |
4 x 45
|
· Buku paket
· buku referensi lain
· internet
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.3 menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak dan ukuran penyebaran data
serta penafsirannya
|
ukuran pemusatan:
rataan, nodus, median
ukuran letak: kuartil,
desil ukuran
penyebaran: jangkauan, simpangan kuartil,
variansi dan simpangan baku
|
· mendiskusikan pentingnya penyajian data
dalam bentuk histogram dan ogive
· membuat tabel distribusi frekuensi dari data
tertentu
· menggambar grafik histogram dari tabel
distribusi
· menghitung ukuran pemusatan data baik data
tunggal maupun data berkelompok
· berdiskusi dengan kelompok untuk
menyelesaikan soal-soal sehari-hari untuk mencari ukuran pemusatan data
kemudian disajikan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didapat
|
· membaca sajian data dalam bentuk
tabel distribusi frekuensi dan histogram
· menyajikan data dalam bentuk tabel
distribusi frekuensi dan histogram
· menentukan rataan, median dan modus
· memberikan tafsiran terhadap ukuran
pemusatan
|
tes tertulis
|
Uraian
|
· Diketahui data
sebagai berikut.
80 66 74 74 70 71 78 74 72 67 72 73 73 72 75 74 74 74 72 72 66 75 74
73 74 72 79 71 75 75
78 69 71 70 79 80 75 76 68 68
Buatlah table distribusi frekuensi dari data di atas ?
Sajikan dalam histogram!!
Nilai rapor seorang
siswa pada semester ganjil adalah sebagai berikut : 7, 8, 8, 8, 9, 6, 6, 7,
8, 7. Hitunglah rataan, median dan modus.
|
4 x 45
|
· Buku paket
· buku referensi lain
· internet
|
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1. 4 menggunakan aturan perkalian, permutasi dan kombinasi dalam
pemecahan masalah
|
peluang:
· aturan perkalian
· permutasi
· kombinasi
|
· menentukan berbagai kemungkinan
pengisian tempat dalam permainan tertentu atau masalah-masalah lainnya
· berdiskusi mengenai kaidah pencacahan yang
mengarah pada aturan perkalian, permutasi dan kombinasi
· menerapkan rumus aturan perkalian,
permutasi, dan kombinasi untuk menyelesaikan soal
· menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan
dengan perkalian, permutasi dan kombinasi
|
· menyusun aturan perkalian,
permutasi dan kombinasi
· menggunakan aturan perkalian,
permutasi dan kombinasi
|
tes tertulis
|
uraian
|
· Dari lima buah
angka 2, 3, 5, 7, dan 9 akan disusun menjadi suatu bilangan yang terdiri dari
4 angka. Berapa banyak bilangan yang dapat disusun jika:
a)
angka-angka boleh berulang
b)
angka-angkanya tidak boleh berulang?
· Badu mempunyai 5 baju ,3 celana panjang dan
2 topi yang berlainan warna .ada barapa pasang baju,celana panjang dan topinyang dapat dipakai?dan tentukan
nilai dari P(8,3), serta
|
6 x 45
|
· Buku paket
· buku referensi lain
|
Kompetensi dasar
|
Materi pembelajaran
|
Kegiatan pembelajaran
|
Indikator pencapaian kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi waktu
|
Sumber belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.5 menentukan ruang sampel suatu percobaan
|
ruang sampel
|
· mendaftarkan titik-titik sampel dari suatu percobaan
acak
· menentukan ruang sampel dari percobaan acak,
tunggal dan kombinasi
· menentukan jumlah titik sampel
|
· menentukan banyak kemungkina
kejadian dari berbagai situasi
· menuliskan himpunan kejadian dari
suatu percobaan
|
tes tertulis
|
uraian
|
· Tulislah ruang sampel dari
kejadian berikut:
a)
Pelambungan dari 2 buah uang logam
b)
Pelambungan sebuah dadu
· Diketahui dua
buah mata uang logam dilambungkan sekali. P adalah kejadianmuncul dua
gambar dan Q kejadian muncul satu angka. Nyatakan P dan Q
dalam bentuk himpunan.
|
6 x 45
|
· Buku paket
· buku referensi lain
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
1.6 menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya
|
peluang kejadian
|
· merancang dan melakukan percobaan
untuk menemtukan peluang suatu kejadian
· menyimpulkan peluang kejadian dari percobaan
yang dilakukan untuk mendukung peluang kejadian secara teoritis
· menentukan peluang suatu kejadian, peluang
komplemen suatu kejadian
· menentukan peluang suatu kejadian
dari soal atau masalah sehari-hari
|
· menentukan peluang kejadian
melalui percobaan
· menentukan peluang suatu kejadian secara
teoritis
|
tes tertulis
|
uraian
|
· Sebuah kartu
diambil secara acak dari 52 buah kartu bridge. Tentukan peluang
terambil kartu skop atau kartu
berwarna merah.
· terdapat 6 bola
merah dan 4 bola putih. Jika sebuah bola diambil dalam kotak itu
berturut-turut sebanyak dua kali tanpa pengembalian. Tentukan peluang yang
terambil kedua-duanya bola merah.
|
8 x 45
|
· Buku paket
· buku referensi lain
|
2. Standar Kompetensi: Menurunkan Rumus Trigonometri dan
Penggunaannya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
|||||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
|||||||||
2.1
menggunakan rumus sinus dan kosinus jumlah dua sudut dan sudut ganda untuk
menghitung sinus dan kosinus sudut tertentu
|
Trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.
|
·
Mengulang kembali tentang
konsep perbandingan sinus, kosinus dan tangen.
·
Menurunkan rumus sinus
dan kosinus jumlah dan selisih dua sudut.
|
· Menemukan dan
menggunakan rumus kosinus, sinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Diketahui cos A = * dan sin B = sudut A dan B tumpul, hitunglah
sin (A + B) dan sin (A – B).
|
2 x 45 menit
|
Buku Paket
|
|||
·
Menemukan rumus sinus,
kosinus dan tangen sudut ganda..
·
Menerapkan rumus sinus,
kosinus dan tangen sudut ganda untuk menyelesaikan soal.
|
·
Menemukan dan
menggunakan rumus sinus, cosinus dan tangen sudut ganda.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Jika , untuk A sudut
tumpul, tentukan nilai – nilai dari:
a.
Sin 2A.
b.
Cos 2A
|
2 x 45 menit
|
||||||
2.2 Menurunkan rumus jumlah dan
selisih sinus dan kosinus.
2.3 menggunakan rumus jumlah dan
selisih sinus dan kosinus.
|
Trigonometri jumlah dan selisih kosinus, sinus dan tangen.
Penerapan jumlah dan selisihcosinus, sinus dan tangen
· Identitas trigonometri
· Masalah aplikasi
|
·
Menurunkan
jumah dan selisih sinus dan kosinus.
·
Menerapkan
perkalian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus dan kosinus untuk
menyelesaikan soal
|
· Menyatakan perkaian sinus dan kosinus dalam jumlah atau selisih sinus dan
kosinus.
|
Tes tertulis
|
Uraian
|
Tentukan haasil
dari sin 105
|
2x 45
menit
|
Buku Paket
Buku Paket
|
|||
· Menyelesaikan masalah yang menggunakan rumus – rumus jumlah dan selisih dua
sinus dan jumlah atau selisih dua kosinus.
· Menggunakan rumus sinus, kosinus dan tangen jumlah dan selisih dua sudut.
· Menggunakan rumus sinus, kosinus dan tangen sudut ganda.
·
Memanipulasi
·
rumus yang ada.
·
Membuktikan identitas trigonometri sederhan.
·
Melakukan latihan menyelesaikan
identitas trigonometri
·
Menghitung nilai trigonometri
sudut dengan menggunakan rumus jumlah dan selisih sinus dan kosnus.
|
· Menggunakan rumus triganometri jumlah dan selisih dua sudut dalam
pemecahan masalah.
· Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dua sudut.
·
Membuktikan rumus trigonometri jumlah dan selisih dari sinus dan kosinus
dua sudut.
· Merancang dan membuktikan
identitas trionometri
· Menyelesaikan masalah yang melibatkan rumus jumlah dan selisihdua sudut
|
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
Tes
tertulis
|
Uraian
Uraian
Uraian
Uraian
|
Nyatakan bentuk 6x + sin 2x
dalam bentuk perkalian
Buktikan bahwa:
Jika A dan B masimg – masing adalah sudut – sudut dalam
sebuah segitiga bukan siku – siku, buktikan bahwa:
Gelombang stasioner dihasilkan
oleh perpaduan ( interferensi) antara dua gelombang berjalan. Gelombang
tersebut memiliki amplitudo dan frekuensi sama, tetapi arah perambatannya
berlawanan.
Tentukan kedudukan x dimana
simpangan gelombang stasioner selalu nol
|
2 x 45
Menit
2x 45
menit
2 x 45
menit
4 x
45menit
|
3. Standar Kompetensi: menyusun persamaan lingkaran dan garis singgungnya
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.1
menyusun persamaan lingkaran yang memenuhi persyaratan yang ditentukun
|
Persamaan lingkaran
|
·
Menentukan persamaan
lingkaran yang berpusat di dengan menggunakan teorema
Phitagoras
·
Menurunkan persaamaan
lingkarn yng berpusat di
·
Menyatakan bentuk umum
persamaan lingkaran
·
Menentukan persamaan
lingkaran jika titik pusat dan jari-jari nya diketahui
·
Menyusun persamaan
lingkaran yang memenuhi kriteri tertentu
|
· Merumuskan persamaan lingkaran yang berpusat di
· Menentukan pusat dan jari-jari lingkaran yang persamaan diketahui
· Menentukan persamaan lingkaran yang memenuhi criteria tertentu
|
·
Tes tertulis
·
Ulangan harian
|
Uraian
|
·
Tentukan persamaan lingkaran yang berpusat di dan melalui titik
·
Tentukan persamaan
lingkaran yang berpusat di dengan jari-jari 5 cm
·
Tentukan
pusat dan jari-jari lingkaran
·
1)
Diketahui lingkaran tentukan kedudukan garis
|
8 x 45
menit
|
Buku Paket
|
Kompetensi
Dasar
|
Materi
Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi
Waktu
|
Sumber
Belajar
|
||
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh Instrumen
|
||||||
3.2 menentukan
persamaan garis singgung pada lingkaran dalam berbagai situasi
|
Persamaan garis singgung lingakran
|
·
Menyelidiki sifat dari
garis-garis baik baik menyinggung maupun tidak menyinggung lingkaran
·
Menurunkan teorema
tentang persamaan garis singgung pada lingkaran
·
Menentukan persamaan
garis singgung lingkaran pada suatu lingkaran
·
Menggunakan diskriminan
untuk menentukan persamaan garis singgung pada lingkaran
|
· Melukis garis
yang menyinggung lingkaran dan menentukan sifat-sifatnya
· Merumuskan persamaan garis singgung yang melalui suatu titik
pada lingkaran
· Merumuskan persamaan garis singgung yang gradiennya
diketahui
|
·
Tes tertulis
·
Ulangan harian
|
Uraian
|
· tunjukan
bahwa titik (6,-8) terletak pada lingkaran + = 100 kemudian tentukan pula garis
singgungnya.
· tentukan
persamaan garis singgung yang melalui
titik A(2.1) pada lingkaran x2+y2-2x+4y-5 = 0
· Tentukan persamaan garis singgung
melalui titik (5, 1) di luar lingkaran x2 + y2=
13
|
12 x 45 menit
|
Buku Paket
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar