Jumat, 18 Januari 2013

RPP SMA KELAS 2 SEMESTER 1 SK-1 KD-1,2&3 (GUSTI MAHA PUTRI)

         RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
                                             Nama Sekolah          :     SMA/MA...
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas / Semester       :    XI  / 1
                                             Alokasi Waktu         :     2 x pertemuan(4 x 45 menit)

A.      Standar Kompetensi
Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
B.       Kompetensi Dasar
Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran dan ogive.
C.      Indikator
1.      Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang.
2.      Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram.
D.      Tujuan Pembelajaran
1.      Siswa dapat membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang.
2.      Siswa dapat mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram.
E.       Karakter siswa yang diharapkan
Disiplin, rasa hormat, perhatian, tekun, kerja sama, kreatif, mandiri, jujur, rasa ingin tahu, religius dan tanggung jawab.






F.       Materi Pembelajaran
Pertemuan 1
1.         Pengertian Dasar Statistika
         Statistik  dapat diartikan sebagai berikut:
a.         Kumpulan angka-angka suatu permasalahan, sehingga dapat memberikan gambaran mengenai masalah tersebut.
b.        Ukuran yang dihitung dari sekumpulan data dan merupakan wakil dari data.
2.         Statistika adalah ilmu yang mempelajari pengumpulan, pengaturan, perhitungan, penggambaran, dan penganalisaan data, serta penarikan kesimpulan yang valid (sahih) berdasarkan penganalisaan yang dilakukan dan pembuatan keputusan yang rasional
3.         Pengertian Data
Data merupakan bentuk jamak dari datum. Datum adalah catatan keterangan atau informasi yang di peroleh dari sebuah penelitian . dalam matematika, datu dapat berbentuk bilangan, lambang, sifat, atau keadaan dari objek yang sedang di teliti. datum-datum yang terkumpul disebut dengan data.
4.         Tabel
a.         Tabel Distribusi Frekuensi Tunggal adalah nilai amatan yang sama atau nilai amatan yang terletak pada interval tertentu bersama-sama dengan nilai frekuensinya yang disajikan dalam bentuk sebuah tabel.
b.        Tabel Distribusi Frekuensi Berkelompok adalah tabel yang berisi data yang dikelompokkan ke dalam kelas-kelas yang kemudian ditentukan banyaknya (frekuensi) nilai data yang ada pada masing-masing kelasnya.
5.         Diagram
a.         Diagram Garis adalah suatu cara penyajian data statistik menggunakan garis-garis lurus. dalam hal ini sumbu mendatar menunjukkan waktu pengamatan,sedangkan sumbu vertikal menunjukkan hasil pengamatan.


b.        Diagram Lingkaran adalah diagram untuk menyajikan data statistik dengan menggunakan daerah lingkaran. Seluruh daerah lingkaran menunjukkan keseluruhan data, bagian-bagian lingkaran berupa juring lingkaran menunjukkan bagian atau persentase data.
c.         Diagram batang adalah diagram yang digunakan untuk menyajikan data statistik, dengan batang berbentuk persegi panjang.
6.         Membaca data dalam bentuk table
a.       Data Tunggal
Nilai ulangan matematika dari 30 siswa :
Nilai ulangan (xi)
Banyak Siswa (fi)
3
2
4
3
5
5
6
6
7
6
8
6
9
2
jumlah
30

Tabel diatas menyatakan nilai ulangan MTK  dari 30 siswa
·           Siswa yang  mendapatkan nilai 3 sebanyak 2 0rang
·           Siswa yang  mendapatkan nilai 4 sebanyak 3 0rang
·           Siswa yang  mendapatkan nilai 5 sebanyak 5 0rang
·           Siswa yang  mendapatkan nilai 6sebanyak  6 0rang
·           Siswa yang  mendapatkan nilai 7 sebanyak 6 0rang
·           Siswa yang  mendapatkan nilai 8 sebanyak 6 0rang
·           Siswa yang  mendapatkan nilai 9 sebanyak 2 0rang





b.      Data Berkelompok
Data berat badan kelas 1 sekolah dasar :
Berat badan  (dalam kg)
Banyak siswa (fi)
9 - 12
12
13 - 16
10
17 - 20
20
21 - 24
5
25 - 28
3

Tabel di atas menyatakan data berat badan siswa kelas 1 sekolah dasar dimana :
·  Siswa yang berat badannya 9 kg sampai dengan 12 kg ada 12 0rang
·  Siswa yang berat badannya 13 kg sampai dengan 16 kg ada 20 0rang
·  Siswa yang berat badannya 17 kg sampai dengan 20 kg ada 5 0rang
·  Siswa yang berat badannya 21 kg sampai dengan 24 kg ada 5 0rang
·  Siswa yang berat badannya 25 kg sampai dengan 28 kg ada 3 0rang
7.    Membaca data dalam bentuk diagram batang
          Nilai ulangan statistik dari 40 orang siswa :


Diagram batang di atas adalah menyatakan nilai ulangan statistika dari 40 orang siswa .
Data tersebut dapat di baca dengan :
a.         Siswa yang nilainya 30  ada 2 orang
b.         Siswa yang nilainya 40  ada 3 orang
c.         Siswa yang nilainya 50  ada 4 orang
d.        Siswa yang nilainya 60  ada 8 orang
e.         Siswa yang nilainya 70  ada 9 orang
f.          Siswa yang nilainya 80  ada 7 orang
g.         Siswa yang nilainya 90  ada 5 orang
h.         Siswa yang nilainya 100 ada 2 orang
8.    Membaca data dalam bentuk diagram lingkaran
Tari
Batik
Musik
Basket
Data siswa kelas XI yang mengambil pelajaran ekstrakurikuler dari 40 orang siswa.                                                                                                       KET :
Lain-lain
                    
                                                                                   
Diagram lingkaran diatas menyatakan siswa kelas XI yang mengambil pelajaran ekstrakurikuler dari 40 siswa.
Data tersebut dapat di baca sebagai berikut :
a.       Siswa yang menyukai tari adalah 12.5%
yaitu :   × 40  =  5 orang
b.      Siswa yang menyukai batik adalah 15%
yaitu :   ×  40  =  6 orang

c.       Siswa yang menyukai musik adalah 22.5%
yaitu :    ×  40  =  9 orang
d.      Siswa yang menyukai basket adalah 20%
yaitu :   ×  40  =  8 orang
e.       Siswa yang menyukai kegiatan ekstrakurikuler yang lain adalah 30%, yaitu:    ×  40  =  12 orang.
9.    Membaca data dalam bentuk diagram garis

5,6
4.03
3.01
2.5
1.04
             05.00    07.00   11.00   12.05   14.06

Diagram garis tersebut menyatakan :
a.         Pada jam 05.00 kekuatan gempa 3.01 SR
b.         Pada jam 07.00 kekuatan gempa  5.6 SR        
c.         Pada jam 11.00 kekuatan gempa  2.5 SR        
d.        Pada jam 12.05 kekuatan gempa 1.04 SR        
e.         Pada jam 14.06 kekuatan gempa  7.9 SR
Pertemuan 2
10.  Penyajian data dalam bentuk tabel
Jika data yang akan di sajikan cukup besar, maka dat tersebut harus dikelompokkan , kemudian disusun dalam bentuk tabel.
Ada dua cara menyajikan data dalam bentuk tabel :
a.       Daftar baris kolom
      Adalah menyusun data dengan dua jalur, yaitu baris dan kolom dengan kriteria yang berbeda sehingga total data pada baris sama dengan total pada kolom.


b.      Daftar distribusi frekuensi
      Dalam melakukan pengukuran atau observasi, kita dapat memperoleh sejumlah data yang dinamakan data kasar. Hasil tersebut perlu di bagi dalam beberapa kelompok untuk memudahkan dalam pengamatan. Pengelompokkan data yang di sajikan dalam suatu tabel di namakan dengan distribusi frekuensi.
1)   Daftar distribusi frekuensi data tunggal
                        Adalah yang di susun dimana nilai dan setiap data diamati / dihitung secara tunggal.
2)               Daftar distribusi frekuensi data berkelompok
                        Adalah daftar yang nilai dari setiap data tersebut dihitung atau diamati secara berkelompok.  
Istilah-istilah penting dari daftar distribusi frekuensi data berkelompok adalah :
a)  Kelas
adalah interval suatu data yang memuat beberapa data
b)  Batas kelas
adalah nilai-nilai ujung yang terdapat pada kelas. Nilai ujung bawah (Nilai terkecil dari kelas) disebut batas bawah, dan nilai ujung atas (nilai terbesar dari kelas) disebut batas atas.
c)  Tepi kelas
Untuk data yang di peroleh dari hasil pengukuran dengan ketelitian sampai satuan terdekat, tepi kelas nya adalah
Tepi bawah = batas bawah -0,5
Tepi atas     = batas atas + 0,5
d) Lebar kelas
Disebut juga panjang kelas atau interval kelas, yaitu selisih tepi atas dan tepi bawah kelas.
e)  Titik tengah kelas
Titik tengah suatu kelas merupakan nilai yang dianggap mewakuili kelas itu. titik tengah kelas di sebut juga nilai tengah kelas.

G.      Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD.
H.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu

1














2.





























3







Pertemuan 1 dan 2            
Pendahuluan
a.         Guru mengatur kelas dan siswa serta memeriksa kehadiran siswa.
b.        Guru dan siswa berdoa sebelum memulai pelajaran.
c.         Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa.
d.        Memotivasi siswa dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
e.         Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh ( Kooperatif tipe STAD )
f.         Guru mengecek kemampuan materi prasarat siswa secara lisan dengan tanya jawab.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
a.         Guru mengelompokkan siswa yang terdiri dari 4-5 orang dalam satu kelompok.
b.        Guru membagikan lembar kerja siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok.
Elaborasi
a.         Siswa diberi kesempatan untuk mendiskusikan LKS bersama kelompoknya.
b.        Guru membimbing diskusi kelompok.
c.         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS secara bersama.
d.        Setelah diskusi tuntas, guru memberikan kuis secara individu.
e.         Pada saat siswa mengerjakan kuis, guru merekap skor hasil diskusi.
Konfirmasi
a.         Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit.
b.        Guru memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
c.         Guru mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual diumumkan pada pertemuan selanjutnya.
Penutup
a.         Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
b.        Guru memberikan tugas (PR) dari buku paket.
c.         Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
d.        Guru menutup pelajaran.

15 menit















10 Menit





35 menit











15 menit










15 menit





I.         Sumber Belajar
Buku paket Matematika kelas XI IPA semsester 1


J.        Penilaian Hasil Belajar    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis, diagram lingkaran dan diagram batang


Mengidentifikasi nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram
Tes tertulis






Tes tertulis
uraian







uraian
Siswa SMA Negeri Jaya Selalu yang lulus mulai tahun pelajaran 2000/2002 s.d tahun pelajaran 2006/2007
Analisa diagram diatas!
Berikut ini adalah data ulangan nilai matematika dari 32 orang siswa:
30, 40, 80, 70, 78, 69, 45, 78, 35, 70, 80, 90, 68, 90, 90, 89,  65, 75, 85, 85, 45, 56, 75, 68, 70, 70, 80, 70, 45, 65, 75, 85.
Sajikanlah data tersebut ke dalam bentuk tabel distribusi  frekuensi berkelompok!

Mengetahui,
Kepala SMA/MA …………….




( ....................................................... )
NIP/NIK:…………..……………….

Bukittinggi,  Januari 2013
Guru Mapel Matematika.




( ......................................... )
NIP/NIK:…….…………….





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
                                             Nama Sekolah          :     SMA/MA...
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas / Semester       :    XI  / 1
                                             Alokasi Waktu         :     2 x pertemuan(4 x 45 menit)

K.      Standar Kompetensi
Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
L.       Kompetensi Dasar
Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagram batang, garis, lingkaran dan ogive serta penafsirannya.
M.     Indikator
3.      Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran dan ogive serta penafsirannya.
4.      Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran dan ogive.
N.      Tujuan Pembelajaran
3.      Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran dan ogive serta penafsirannya.
4.      Siswa dapat menafsirkan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran dan ogive.
O.      Karakter siswa yang diharapkan
Disiplin, rasa hormat, perhatian, tekun, kerja sama, kreatif, mandiri, jujur, rasa ingin tahu, religius dan tanggung jawab.






P.       Materi Pembelajaran
Pertemuan 3 dan 4
1.         Penyajian Data dalam Bentuk Diagram Garis
Diagram garis adalah data yang di sajikan berupa grafik yang berbentuk garis lurus, biasanya di gunakn untuk menyajikan data yang di peroleh berdasarkan pengamatan drai waktu ke waktu secara berurutan.
Diagram garis digambar pada bidang cartesius sumbu x di tempati oleh waktu sedangkan sumbu y ditempati oleh nilai data yang di amati.
Contoh 1 :
Gambar di bawah ini adalah diagram garis dari hasil pencatatan suhu badan pasien tiap 3 jam selama 24 jam. Pada jam berapakah suhu pasien mencapai suhu paling tinggi.
                           Derajat (0)           
                  40
                  39
                  38
                  37
                  36
                 
                          3    6    9    12   15  18  21  24   jam    

Suhu pasien mencapai suhu paling tinggi pada jam 21.00.
2.         Penyajian data dalam bentuk diagram batang
Penyajian dat statistik dengan menggunakan gambar berbentuk balok/batang di sebut diagram batang. Diagram batang tersebut di lukiskan secara tegak dan mendatar, antara batang yang satu dengan batang yang lainnya di beri jarak, sehingga letak tiap batang jadi terpisah.




Jenis-jenis diagram batang :
a.         Diagram Batang Tunggal
1)        Diagram batang tegak
Contoh 2 :
Banyak siswa baru yang diterima di SMA N 1 Talamau menurut jenis kelamin dari tahun 1990 sampai 1994.
Tabel 1
Tahun
Jenis Kelamin
Jumlah
Laki-laki
Perempuan
1990
50
70
120
1991
70
90
160
1992
100
100
200
1993
110
130
240
1994
160
120
280

                       






2)        Diagram Batang Mendatar
                       
b.        Diagram batang majemuk atau bersusun
                      

  1. Penyajian data dalam bentuk diagram lingkaran
Diagram untuk menyajikan data statistik dengan menggunakan daerah lingkaran. Seluruh daerah lingkaran menunjukkan keseluruhan data. Daerah lingkaran dibagi menjadi beberapa bagian sehinga masing-masing bagian berbentuk juring lingkaran yang menunjukan bagian atau persentase data.
Besar sudut =  
Persentase =


      Contoh  :
Hasil produksi rata-rata padi kering perhektar di lima daerah.
Tabel 2
Daerah
Hasi Produksi
Persentase
Sudut
A
120
B
100
C
80
D
60
E
40
Jumlah
400
100%
360
D     10%    30
15%      E      A
C 20     B 25        
  C
20%         B
             25 %
    






4.      Penyajian data dalam bentuk ogive
Ogive adalah diagram yang dibuat berdasarkan table distribusi frekuensi. Ogive terbagi 2 :
a.         ogive positif adalah ogive yang menggambarkan daftar distribusi frekuensi komulatif kurang dari.
b.         ogive negatif adalah ogive yang menggambarkan daftar distribusi frekuensi komulatif lebih dari.


Contoh:
Hasil pengukuran
f
TA
fk
TB
fk
119-127
128-136
137-145
164-154
155-163
164-172
173-181
3
6
10
11
5
3
2
127,5
136,5
145,5
154,5
163,5
172,5
181,5
3
9
19
30
35
38
40
118,5
127,5
136,5
145,5
154,5
163,5
172,5
40
37
31
21
10
5
2
40

















               
ogif negatif
0
5
10
15
20
25
30
35
40
45
118,5
127,5
136,5
145,5
154,5
163,5
172,5
tepi bawah

Q.      Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD.
R.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu

1














2.





























3







Pertemuan 3 dan 4            
Pendahuluan
g.        Guru mengatur kelas dan siswa serta memeriksa kehadiran siswa.
h.        Guru dan siswa berdoa sebelum memulai pelajaran.
i.          Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa.
j.          Memotivasi siswa dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
k.        Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh ( Kooperatif tipe STAD )
l.          Guru mengecek kemampuan materi prasarat siswa secara lisan dengan tanya jawab.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
c.         Guru mengelompokkan siswa yang terdiri dari 4-5 orang dalam satu kelompok.
d.        Guru membagikan lembar kerja siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok.
Elaborasi
f.         Siswa diberi kesempatan untuk mendiskusikan LKS bersama kelompoknya.
g.        Guru membimbing diskusi kelompok.
h.        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS secara bersama.
i.          Setelah diskusi tuntas, guru memberikan kuis secara individu.
j.          Pada saat siswa mengerjakan kuis, guru merekap skor hasil diskusi.
Konfirmasi
d.        Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengajukan kembali pertanyaan mengenai materi yang dianggap sulit.
e.         Guru memberikan umpan balik dengan memberikan jawaban dan penguatan.
f.         Guru mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual diumumkan pada pertemuan selanjutnya.
Penutup
e.         Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
f.         Guru memberikan tugas (PR) dari buku paket.
g.        Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
h.        Guru menutup pelajaran.

15 menit















10 Menit





35 menit











15 menit










15 menit






S.        Sumber Belajar
Buku paket Matematika kelas XI semsester 1

T.       Penilaian Hasil Belajar    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Menyajikan data dalam bentuk diagram batang, garis, lingkaran dan ogive serta penafsirannya.

Menafsirkan data dalam betuk diagram batang, garis, lingkaran dan ogive
Tes tertulis







Tes tertulis
uraian








uraian
Sebuah areal parker akan di amati jumlah kendaraan yang parker dalam selang waktu tertentu, data tersebut di sajikan dalam bentuk berikut :

Waktu
06.00
08.00
10.00
12.00
14.00
16.00
18.00
Banyak kendaraan
0
14
18
20
12
8
18

Buatlah diagram garisnya!


Daftar frekuensi kumulatif kurang dari dan lebih dari dapat disajikan dalam bidang Cartesius. Tepi atas (67,5; 70,5; …; 82,5) atau tepi bawah (64,5; 67,5; …; 79,5)
buatlah ogive kemudian tafsir data tersebut!

Mengetahui,
Kepala SMA/MA …………….


( ....................................................... )
NIP/NIK:…………..……………….

Bukittinggi,  Januari 2013
Guru Mapel Matematika.


( ......................................... )
NIP/NIK:…….…………….



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
                 
                                             Nama Sekolah          :     SMA/MA...
                                             Mata Pelajaran         :     Matematika
                                             Kelas / Semester       :    XI  / 1
                                             Alokasi Waktu         :     2 x pertemuan(4 x 45 menit)

U.      Standar Kompetensi
Menggunakan aturan statistika, kaidah pencacahan, dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
V.      Kompetensi Dasar
Menghitung ukuran pemusatan, ukuran letak, dan ukuran penyebaran data serta penafsirannya.
W.    Indikator
5.      Membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
6.      Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
7.      Menentukan rataan, median dan modus.
8.      Memberikan tasiran terhadap ukuran pemusatan.
X.      Tujuan Pembelajaran
5.      Siswa dapat membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
6.      Siswa dapat menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
7.      Siswa dapat menentukan rataan, median dan modus.
8.      Siswa dapat Memberikan tasiran terhadap ukuran pemusatan.
Y.      Karakter siswa yang diharapkan
Disiplin, rasa hormat, perhatian, tekun, kerja sama, kreatif, mandiri, jujur, rasa ingin tahu, religius dan tanggung jawab.



Z.       Materi Pembelajaran
Pertemuan 4 dan 5
a.         Tabel distribusi frekuensi
Perhatikan contoh data hasil nilai pengerjaan tugas Matematika dari 40 siswa kelas XI berikut ini.
66 75 74 72 79 78 75 75 79 71
75 76 74 73 71 72 74 74 71 70
74 77 73 73 70 74 72 72 80 70
73
      67         72        72        75         74        74         68        69         80
dari data diatas, dapat dibuat tabel distribusi frekuensi sbb:
       
b.         Histogram
Dari suatu data yang diperoleh dapat disusun dalam tabel distribusi frekuensi dan disajikan dalam bentuk diagram yang disebut histogram. Jika pada diagram batang, gambar batang-batangnya terpisah maka pada histogram gambar batang-batangnya berimpit. Histogram dapat disajikan dari distribusi frekuensi tunggal maupun distribusi frekuensi bergolong. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh berikut ini.
Data banyaknya siswa kelas XI IPA yang tidak masuk sekolah dalam 8 hari berurutan sebagai berikut.

c.         Ukuran Pemusatan Data
Ukuran pemusatan data menggambarkan tempat atau pada nilai-nilai mana data cenderung berkumpul. Ada 3 ukuran pemusatan data yang biasa digunakan. Yaitu rataan, median dan modus
1)        Rataan
Rataan data tunggal
Merupakan jumlah nilai semua data dibagi ukuran data tersebut.
 
                        =
                        =

Misalkan kita memiliki data berukuran n dengan nilai-nilai x1, x2, ..., xn  maka





Rataan ( ) untuk distribusi data tunggal berbobot adalah:
 
                


Rataan sementara data tunggal
Untuk menghitung rataan dari sekumpulan data bernilai besar, kita bisa menyederhanakan perhitungan dengan mengasumsikan sebuah nilai rataan . Nilai rataan perkiraan seperti itu disebut rataan sementara. Rataan sementara dinotasikan oleh .
Rataan ( ) untuk data tunggal dengan menggunakan rataan sementara  adalah:
 
 



Rataan Data Berkelompok
Jika kita hanya mempunyai data berkelompok tanpa menngetahui detail setiap data dalam kelompok tersebut, maka rataan ditentukan dari nilai titik tengah kelompok-kelompok tersebut. Jika titik tengah kelompok tersebut adalah xi maka rataannya adalah:
 
 



Rataan Sementara Data berkelompok
Seperti halnya pada data tunggal, rataan pada data berkelompok dapat ditentukan dengan menggunakan rataan sementara  sebagai berikut:
 
 



Dengan :  = rataan sementara;  = nilai titik tengah kelas ke-i ;  = frekuensi kelas ke-i ; n = ukuran data
2)        Modus
Modus adalah nilai yang paling sering muncul, yaitu nilai yang memiliki frekuensi paling tinggi.
Modus pada data berkelompok
Modus =  
Dengan : b = tepi bawah kelas modus
 =selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sebelumnya.
 = selisih frekuensi kelas modus dengan kelas sesudahnya.
K = panjang kelas
3)        Median
Median adalah nilai tengah data setelah diurutkan.
Median data tunggal
1.        Bila banyak data n dan ganjil, maka
2.        Bila banyak data n dan genap, maka
Median data berkelompok
Dicari dengan rumus:
 
 
Dengan:
b =tepi bawah kelas median
n = ukuran data
           = frekuensi kumulatif kurang dari sebelum kelas median
 = frekuensi dari kelas median
k = panjang kelas

d.        Ukuran Letak Kumpulan Data
1)      Kuartil
Kuartil membagi data menjadi empat bagian yang sama banyak. Kuartil ada tiga, yaitu kuartil bawah (Q1), kuartil tengah (Q2) dan kuartil atas (Q3).
Menentukan kuartil data tunggal
Misalkan x1, x2, x3, ..., xn adalah data berukuran n yang telah diurutkan. Qm adalah kuartil yang dicari, dengan m= 1,2,3
Cara menentukan Qm.
·         Hitunglah ¼ nm
·         Jika 1/4nm merupakan bilangan bulat, misalkan r, maka , yaitu  terletak antara
·         Jika 1/4nm bukan bilangan bulat, tapi terletak antara bilangan bulat r dan r+1. Maka
Menentukan kuartil data berkelompok
 
  


Dengan:
 = kuartil bawah
 = tepi bawah kelas kuartil pertama
 = frekuensi kumulatif kurang dari sebelum kelas kuartil pertama
 = frekuensi dari kelas kuartil pertama
 = panjang kelas
 
 
Dengan:
 = kuartil tengah
 = tepi bawah kelas kuartil kedua
 = frekuensi kumulatif kurang dari sebelum kelas kuartil kedua
 = frekuensi dari kelas kuartil kedua
 = panjang kelas
 
 



Dengan:
 = kuartil tengah
 = tepi bawah kelas kuartil kedua
 = frekuensi kumulatif kurang dari sebelum kelas kuartil kedua
 = frekuensi dari kelas kuartil kedua
 = panjang kelas
2)      Desil
Desil membagi data menjadi 10  bagian yang sama banyak.
 
 



Dengan:
m =1, 2, ..., 9
b = tepi bawah kelas desil ke-m
n = ukuran data
   = frekuensi kumulatif kurang dari sebelum kelas desil ke-m
  = frekuensi dari kelas desil ke-m
  = panjang kelas
3)      Persentil
Persentil membagi data menjadi 100  bagian yang sama banyak.
 
 



Dengan:
m =1, 2, ..., 99
b = tepi bawah kelas persentil ke-m
n = ukuran data
   = frekuensi kumulatif kurang dari sebelum kelas persentil ke-m
  = frekuensi dari kelas desil ke-m
  = panjang kelas
e.         Ukuran penyebaran data
1)      Jangkauan/rentang                      à 

Jangkauan antar kuartil à

Simpangan kuartil                      à

Langkah                         à

2)      Simpangan rata-rata
3)      Ragam dan Simpangan Baku
·         Data tunggal
Ragam à
Simpangan baku à
·         Data kelompok
Ragam                           à





AA.Metode Pembelajaran
Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD.
BB. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
No
Kegiatan
Waktu

1














2.
























3





Pertemuan 5 dan 6
Pendahuluan
m.      Guru mengatur kelas dan siswa serta memeriksa kehadiran siswa.
n.        Guru dan siswa berdoa sebelum memulai pelajaran.
o.        Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai siswa.
p.        Memotivasi siswa dengan memberi penjelasan tentang pentingnya mempelajari materi ini.
q.        Guru menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh ( Kooperatif tipe STAD )
r.          Guru mengecek kemampuan materi prasarat siswa secara lisan dengan tanya jawab.
Kegiatan Inti
Eksplorasi
e.         Guru mengelompokkan siswa yang terdiri dari 4-5 orang dalam satu kelompok.
f.         Guru membagikan lembar kerja siswa (LKS) sebagai bahan diskusi kepada masing-masing kelompok.
Elaborasi
k.        Siswa diberi kesempatan untuk mendiskusikan LKS bersama kelompoknya.
l.          Guru membimbing diskusi kelompok.
m.      Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengerjakan soal-soal yang ada dalam LKS secara bersama.
n.        Setelah diskusi tuntas, guru memberikan kuis secara individu.
Konfirmasi
g.        Pada saat siswa mengerjakan kuis, guru merekap skor hasil diskusi.
h.        Setelah kuis individual, guru mengumumkan rekor tim dan memberikan penghargaan. Hasil kuis individual diumumkan pada pertemuan selanjutnya.
Penutup
i.          Siswa dipandu untuk membuat rangkuman tentang materi yang dipelajari.
j.          Guru memberikan tugas (PR) dari buku paket.
k.        Guru menyampaikan materi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya.
l.          Guru menutup pelajaran.

15 menit















10 Menit





35 menit









15 menit







15 menit








CC.Sumber Belajar
Buku paket Matematika kelas XI semsester 1
DD.Penilaian Hasil Belajar    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
Membaca sajian data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.

Menyajkan data dalam betuk tabel distribusi frekuensi dan histogram.
Menentukaan rataan, median dan modus.

Memberikan tafsiran terhadap ukuran pemusatan.
Tes tertulis






Tes tertulis




Tes tertulis



Tes tertulis
uraian







Uraian





uraian




uraian
Diketahui data sebagai berikut.
80 66 74 74 70 71 78 74 72 67
72 73 73 72 75 74 74 74 72 72
66 75 74 73 74 72 79 71 75 75
78 69 71 70 79 80 75 76 68 68
Buatlah table distribusi frekuen
si dari data di atas ?



Sajikan dalam histogram!!

Nilai rapor seorang siswa pada semester ganjil adalah sebagai berikut : 7, 8, 8, 8, 9, 6, 6, 7, 8, 7. Hitunglah rataan, median dan modus.


Tentukan  desil 8 dari data berikut ini :
Data hasil nilai pengerjaan tugas Matematika dari 40 siswa kelas XI berikut ini.
66 75 74 72 79 78 75 75 79 71
75 76 74 73 71 72 74 74 71 70
74 77 73 73 70 74 72 72 80 70
73
      67      72      72       75     74      74      68      69      80


Mengetahui,
Kepala SMA/MA …………….


( ....................................................... )
NIP/NIK:…………..……………….

Bukittinggi,  Januari 2013
Guru Mapel Matematika.


( ......................................... )
NIP/NIK:…….…………….



Tidak ada komentar:

Posting Komentar